BOOK REVIEW: TEORI DAN KEBIJKAN HUKUM INVESTASI LANGSUNG (DIRECT INVESTMENT)

Helitha Novianty Muchtar

Sari


Perkembangan investasi langsung (Direct Investment)  dari  masa ke masa mengalami banyak pro dan kontra, banyak literature membedakan antara penanaman secara modal langsung (Direct Investment)  dan penanaman modal tidak langsung (Indirect Investment). Perbedaan jenis penanaman modal ini didasarkan atas definisi keduanya yang berbeda, Direct Investment dan Indirect Investment  memiliki perbedaan pada  “karakter yuridis” istilah yang digunakan Prof. Rahmi Jened, penulis buku ini untuk memaparkan pengertian penanaman modal langsung dari aspek yuridis.

            Dalam buku berjudul “Teori dan Kebijakan Hukum Investasi Langsung (Direct Investment) “ yang ditulis oleh Prof Rahmi Jened, pada paparan awal penulis membawa pembaca pada sejarah perkembangan investasi langsung dan lahirnya investasi langsung di dunia. Buku ini membahas secara tuntas substansi dan praktik investasi langsung di Indonesia, dimulai pendirian perusahaan penanaman modal hingga berakhirnya izin usaha penanaman modal dan penyelesaian sengketa. Kerunutan dan pembahasan secara tuntas aktifitas investasi langsung merupakan ciri khas buku ini, karena jarang sekali buku penanaman modal yang membahas secara komprehensif dan lengkap  terori serta praktik penanaman modal di Indonesia.

            Pembahasan secara mendalam dan gaya Bahasa yang lugas terlihat jelas dalam buku ini, kedalaman materi serta teori yang lengkap dapat dilihat dari literature yang beragam yang penulis gunakan baik literature dari dalam maupun literature asing. Bahasa dan pemaparan  yang lugas yang digunakan  dalam buku ini akan mengajak pembaca pada praktik dan permasalahan penanaman modal yang terjadi di Indonesia. Kelugasan Bahasa serta kupas tuntas suatu materi merupakan ciri khas dari penulis, hal ini dapat dilihat dari buku penulis yang berjudul “ Hukum Hak Cipta” yang membahas lengkap setiap aspek dari hak Cipta.

            Tema umum dari buku ini adalah Investasi Langsung  baik ditinjau dari teori maupun praktik yang ada di Indonesia. Topic khusus yang diangkat dari buku ini adalah terkait teori dan kebijakan hukum investasi langsung yang terdapat di Indonesia, topic khusus ini diangkat karena penulis menilai masih banyak permasalahan yeng terjadi pada kebijakan hukum investasi langsung yang ada di Indonesia dan belum ada buku yang membahas secara tuntas terkait kebijakan investasi langsung di Indonesia.


Kata Kunci


investasi asing, Penanaman Modal asing

Referensi


An An Chandrawulan, Hukum Perusahaan Multinational, Bandung : Keni,2014

Helen Keller, “ Corporate Code of Conduct and Their Implementation: The Question of Legitimacy”, University of Zurich, hlm 4-6, www. Academia.org, diakses 15 Oktober 2018.

Jean Pierre Anastassopoules, et.al., State-Owned Multinationals, John Wiley and Sons, Chichester, 1987, hlm.24

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, ‘Arti Kata - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online’, KBBI Indonesia, KBBI, 2012, < https://kbbi.web.id/perlindungan > [15/10/2018].

Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.license.cc.by-nc4.footer##

 


This journal indexed on:

                                                                                                                               

    

 

Plagiarism Check by:
Creative Commons License

JBMH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

 Redaksi Jurnal Bina Mulia Hukum © 2016




website statistics View My Stats