RESENSI BUKU: Hukum Ketenagakerjaan: Hakikat Cita Keadilan dalam Sistem Ketenagakerjaan

Holyness Singadimedja

Abstract


Buku Hukum Ketenagakerjaan: Hakikat Cita Keadilan dalam Sistem Ketenagakerjaan yang ditulis oleh Sayid Mohammad Rifqi Noval merupakan buku yang sangat berbeda dengan buku literatur hukum ketenagakerjaan kebanyakan, buku ini membahas mengenai Hakikat Cita Keadilan dalam Sistem Ketanagakerjaan yang tentunya selama ini sulit terimplementasi karena terdapat 2 perspektif keadilan yang tidak sama antara pihak pekerja dan pengusaha. Buku ini memberikan pemikiran-pemikiran baru terkait dengan Hakikat Cita Keadilan dalam Sistem Ketanagakerjaan dan didukung oleh analisis secara mendalam mengenai praktik ketenagakerjaan dari masa ke masa di Indonesia, putusan pengadilan Hubungan Industrial dan perbandingan pengaturan ketenagakerjaan di Negara Belanda dan Filipina. Dengan sistematika yang terstruktur rapi, buku yang diterbitkan Refika Aditama sebagai pengembangan dari disertasi Penulis ini merupakan literatur yang sangat dianjurkan bagi para akademisi, politisi, para pengambil kebijakan, aparat penegak hukum, pelaku penemuan hukum, juga pekerja, pengusaha, dan organisasi pekerja/pengusaha.
Penulis mencoba menjelaskan tentang Hakikat Cita Keadilan dalam Sistem Ketenagakerjaan dengan menggunakan metode deskriptif-analitis serta metode perbandingan hukum. Metode perbandingan hukum dapat terlihat dalam analisis penulis yang mencoba membandingkan pengaturan ketenagakerjaan di Belanda selain sebagai negara dengan sistem hukum yang sama dengan Indonesia yaitu Civil Law, Belanda telah melakukan kebijakan yang kompromistis menggantikan flexible labour market dengan flexicurity yang berasal dari kata flexibility dan security, berupa upaya yang harus dilakukan pihak pengusaha dalam mendukung perlindungan hukum yang baik bagi pekerja serta perbandingan dengan Negara filipina yang menerapkan sistem outsourcing dan menempati peringkat pertama pemberi kesempatan kerja dibanding unit pekerjaan lainnya.


Keywords


hukum ketenagakerjaan; cita keadilan

References


Buku

Bernard Arief Sidharta, Refleksi tentang Struktur Ilmu Hukum (Sebuah Penelitian tentang Fundasi Kefilsafatan dan Sifat Keilmuan Ilmu Hukum sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Hukum Nasional Indonesia), Mandar Maju, Bandung: 2009.

Mansbach. Richard W dan Rafferty. Kirsten L. Pengantar Politik Global, Terjemahan Amat Asnawi, Nusa Media, Bandung: 2012.

Sultana Ronald G, “Flexicurity: implications for Lifelong Career Guidance”, Findland: The European Lifelong Guidance Policy Network (ELGPN), 2012.

Wilthagen, Ton dan Tros. F.H, “The Concept of Flexicurity: A New Approach to Regulating Employment and Labour Markets”, Transfer: European Review of Labour and Reasearch, Vol.10, No. 2, Summer 2004.

Jurnal

Faturochman dan Saparinah Sadli, “Gender dan Model Penelitian Keadilan”, Jurnal Psikologi Sosial, Vol. 8 No. 2 Tahun 2002.

Indrasari Tjandraningsih dan Maria Dona Dewi Puspitaningrum, “Modal Bergerak, Serikat Terserak: Perubahan Situasi Perburuhan dan Tantangan Geraka Buruh di Indonesia”, Jurnal Analisis Sosial, Vol. 10 No. 1 Juni 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.23920/jbmh.v4i2.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Jurnal Bina Mulia Hukum telah terindeks pada:

                                                                                                                           

    

 

  Journal Accreditation:

Plagiarism Check:
Creative Commons License

JBMH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

  Redaksi Jurnal Bina Mulia Hukum © 2016