PENGENALAN HUKUM TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMANFAATAN OVER THE TOP UNTUK PENDIDIKAN

Main Article Content

Tasya Safiranita Ramli
Zainal Muttaqin
Dadang Epi Sukarsa
Sherly Ayuna Putri
Amelia Cahyadini
Ega Ramadayanti

Abstract

ABSTRAK
Masa Pandemi Covid-19 memberikan dorongan bagi bidang pendidikan untuk beradaptasi dengan menggunakan dukungan teknologi. Di tengah kondisi yang mengharuskan adanya social distancing, proses belajar mengajar lebih diterapkan secara online. Kendati demikian, masih terdapat keterbatasan pengetahuan terkait pemanfaatan teknologi informasi di sebagian besar ranah pendidikan. Hal ini karena dalam perkembangannya, teknologi informasi telah menyebabkan interaksi menjadi borderless dan tidak terhalang wilayah bahkan tidak ada batasan norma. Pengenalan hukum teknologi informasi menjadi penting karena dalam pemanfaatannya bukan hanya terdapat sisi positif tetapi juga negatif. Seperti penggunaan teknologi yang berpotensi mengalami data breach atau bahkan pelanggaran Kekayaan Intelektual. Terlebih kurangnya pemahaman hukum akan pemanfaatan fasilitas pendidikan yang sekarang ini diakomodir oleh platform digital Over The Top (yang selanjutnya disebut OTT) menjadi urgensi tersendiri. Maka, dibutuhkan sarana pengenalan berupa sosialisasi melek hukum teknologi informasi pada pemanfaatan OTT. Dalam pembahasannya, digunakan metode yuridis normatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis guna menelaah asas dan teori hukum yang disesuaikan dengan konteks hukum teknologi informasi disertai pengkajian terhadap peraturan perundang-undangan. Sumber data yang digunakan menggunakan tiga bahan hukum dengan teknik pengumpulan data secara daring (online library research). Penelitian ini akan menghasilkan upaya alternatif bagi pengembangan pendidikan berbasis online di Indonesia yang efektif, aman dan andal disertai dengan strategi pengenalan hukum terhadap pemanfaatan layanan OTT. Dengan demikian, pemahaman dunia pendidikan terhadap pemanfaatan layanan OTT terutama siswa akan lebih bijak terutama dalam hal penggunaannya.
Kata kunci: over the top; pembelajaran daring; teknologi informasi.


ABSTRACT
The Covid-19 pandemic provides a boost for education to adapt by using technology support. In the midst of conditions that require social distancing, the teaching and learning process is more applied online. However, there are still limited knowledge related to the use of information technology in most areas of education. This is because in its development, information technology has caused interactions to become borderless and unobstructed areas even no norm limits. The introduction of information technology law becomes important because in its utilization there are not only positives but also negatives. Such as the use of technology that has the potential to experience data breaches or even intellectual property violations. Moreover, the lack of legal understanding of the utilization of educational facilities that are currently accommodated by the Over The Top digital platform (hereinafter referred to as OTT) becomes its own urgency. So, it takes an introduction in the form of socialization of information technology law literacy on the utilization of OTT. In its discussion, normative juridical methods are used with descriptive research types of analysis to study legal principles and theories adapted to the legal context of information technology accompanied by an assessment of laws and regulations. The data source used uses three legal materials with online data collection techniques (online library research). This research will result in alternative efforts for the development of online-based education in Indonesia that is effective, safe and reliable accompanied by a strategy of legal recognition towards the utilization of OTT services. Thus, the understanding of the world of education towards the utilization of OTT services, especially students, will be wiser, especially in terms of their use.
Keywords: information technology; online learning; over the top.

Article Details

How to Cite
Ramli, T. S., Muttaqin, Z., Sukarsa, D. E., Putri, S. A., Cahyadini, A., & Ramadayanti, E. (2021). PENGENALAN HUKUM TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMANFAATAN OVER THE TOP UNTUK PENDIDIKAN. ACTA DIURNAL Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan, 5(1), 78-94. https://doi.org/10.23920/acta.v5i1.688
Section
Articles

References

Buku
Christoph Stork et.al, CTO Over The Top (OTT) Study Report, Commenwealth Telecommunications Organisations, 2020.
Shelly dan M. E. Vermaat, Gary B. Menjelajah Dunia Komputer, Salemba Infotek, Jakarta, 2010.
Sinta Dewi R., Cyber Law: Aspek Data Privasi ..., Refika Aditama, Bandung, 2015.
Warsita Bambang, Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Rineka, Jakarta, 2008.

Jurnal
Abel Nicholas et.al, “Tindakan Hukum atas Pelanggaran Hak Cipta pada Digitalisasi Ciptaan …”, Jurnal Sains Sosio Humaniora, Vol. 5, No. 1, 2021
Budiana, et.al, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran bagi …”, Dhamakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Vol. 4, No. 1, 2015.
Childa Maulina et.al, “Penagruh Karakteristik Tugas, Teknologi Informasi dan Individu terhadap TTF Theory, Utilisasi dan Kinerja”, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 4, No. 1, 2015.
Erlangga Andi Sukma et.al,”Pengaruh TAM dan Trust terhadap Intensi Penggunan Instagram”, Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, Vol. 12, No. 2, 2019.
Feri Fahrianto et.all, “Penerapan End-To-End Encryption…”, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 9, No.1, 2016.
Kidi, Teknologi dan Aktivitas dalam Kehidupan Manusia (Sebuah Tinjauan), BPSDM Provinsi NTB, 2018.
Rika Komalasari, “Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19”, TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol. 7, No. 1, 2020.

Website
Fiftywheel, “Top 7 Reasons to Use Videos in Education” diakses dari https://50wheel.com/top-7-reasons-to-use-videos-in-education/ 8 Agustus 2021.
Galuh Putri Riyanto, “6 Aplikasi Ini Tumbuh Pesat Selama Pandemi Covid-19”, diakses dari https://tekno.kompas.com/read/2021/03/04/18020077/6-aplikasi-ini-tumbuh-pesat-selama-pandemi-covid-19 7 Agustus 2021.
Richard J. harnish et.al. (ed.) “The Use of Technology in Teaching and Learning”diunduh dari https://www.baylor.edu/atl/doc.php/308938.pdf 8 Agustus 2021.